Pages

Friday, February 10, 2012

Dis Integrasi

Cirebon ingin menjadi provinsi sendiri?

Raja raja dulu bercita-cita untuk membesarkan negerinya. Bukan hanya pembangunan tetapi juga luas wilayahnya. Sebut saja sumpah palapa yg monumental itu. Sumpah sang patih Gajah Mada untuk tidak hidup dalam kesenangan duniawi sebelum bisa menyatukan/menguasai seluruh nusantara.
Semangat seperti Gajah Mada itu diwarisi atau menjadi pelecut semangat para pejuang kemerdekaan tanah air. Buah manisnya adalah Indonesia merebut kemerdekaan.
Lah kok reformasi malah menghasilkan raja raja kecil yg ingin mengkotak kotakan wilayah dan berbagi kekuasaan. Keliru.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 comment:

  1. kalo menurutku sih itu cuma bentuk perkembangan daerah saja. selagi tidak keluar dari wilayah indonesia, untuk jadi provinsi mandiri, apa salahnya? belum lagi dipicu kurangnya pemerataan dari kebijakan-kebijakan gubernur jawa barat.

    jadi, bertambahnya provinsi untuk perkembangan negara, tidak masalah. Daripada memiliki provinsi dengan wilayah besar tapi tidak bisa mendengar suara rakyat sepenuhnya. sama kasusnya seperti perkembangan pembangunan di jawa, seolah-olah, indonesia hanyalah pulau jawa. jeritan-jeritan warga perbatasan justru didengar oleh pemerintahan negara tetangga.

    ReplyDelete