Pages

Sunday, December 28, 2008

terlalu mesra dengan kapitalisme

Pengantar
sejak berakhirnya perang dingin dan dengan secara tidak resmi dimenangkannya kubu barat, dunia telah dikuasai ideologi kapitalisme, neokolonialisme baru dengan dalih demokrasi dan hak asasi manusia. sejak jaman perjuangan kemerdekaan dan jaman orde lama bung karno paling anti akan hal ini. kalo perlu amerika kita sertika inggris kita linggis, itu kurang lebih sedikit penggalan pidato bung karno. padahal saat itu sampai sekarang kedua negara ini adidaya.

berdirinya gerakan nonblok yang
merupakan persekutuan di antara negara-negara di asia dan afrika. Persatuan ini dibentuk pada tahun1955 di Bandung, Indonesia. Pertemuan pertama berlangsung di Bandung, Indonesia. Pertemuan ini dibuka oleh Presiden Soekarno dan pada masa itu diketuai oleh PM Ali Sastroamidjojo. Hasil dari presidangan ini berupa deklarasi yang dikenal dengan Dasa Sila Bandung. Persatuan ini dibentuk karena pada masa itu sebagian besar negara-negara di Asia dan Afrika sedang dijajah. Sehingga menimbulkan perasaan senasib dan sepenanggungan. sungguh menjadi kekuatan baru saat itu selain blok barat dan timur. namun sejak ktt pertama bukan bearti gerakan ini berjalan tanpa hambatan, bahkan ktt ke dua sempat diundur karena lokasi ktt saat itu dibom. gambaran ini sedikit melukiskan ancaman-ancaman yang dihadapi bung karno.

Titik balik
tragedi gestapu atau gestok (menurut bung karno) yang akhirnya menurunkan tampuk kekuasaan sang pemimpin besar revolusi, setidaknya menurut beliau ada tiga faktor penyebab. yaitu keblingeran para pemimpin pki, ketidakberesan dr tubuh kita sendiri dan kelihaian nekolim (dari pidato nawaksara bung karno thn 1965). alasan ketiga inilah saya rasa sangat terasa kalaupun misalkan tidak terlibat secara langsung tetapi penebab utama terjadinya. Menjelang meletusnya g30s bung karno sangat mencurigai seorang diplomat As Marshall green yang dicalonkan oleh state department untk menggantikn Howard jones sebagai dubes AS di Jakarta. (A karim dp, 2006). apapun alasannya toh akhirnya bung besar tetap berakhir tragis dan menyedihkan di era pengganti yang kemudian disebut orba.


Era barat = kapitalisme
hubungan-hubungan dg bangsa2 nekolim yang sempat diputus bung karno sebaliknya justru coba direkatkan kembali dijaman orba, dengan alasan kesejahteraan dan pembangunan. yang kita tau dari awal bangsa-bangsa ini punya kepentingan dengan bangsa kita.

“Ik ga weer iets uit de school, klappen, saudara-saudara. Rahasia. Kami, diantara banyak bukti-bukti itu, mempunyai suatu bukti bahwa Amerika uit de hand van Duta besar Jones-jones itu prsoonlijk begitu baik kepada saya pernah memberikan uang 150 juta kepada seseorang. Het is veel (banyak) lo, 150 juta rupiah.., 150 juta rupiah diberikan kepada seseorang untuk apa? Ternyata dari surat serah dan surat terima atas sumpah lo, dengan sumpah bahwa uang ini dipergunakan untuk apa? Untuk menganjurkan, atau mepropagandakan, untuk memperkembangkan,di sini the free world ideology..

Sukarno: Sidang Paripurna Kabinet Dwikora di Bogor, 6 November 1965.

penjajahan dalam bentuk lain tidak terasa telah terjadi. produk liberalisme, kapitalisme dan democrazy. KKN merebak yang pada akhirnya menyeret sang pemimpin orba. warisan kisah memalukan.

Era reformasi<= kapitalisme
kurang dari sama dengan.. masih bergulat panjang dengan awal kemunduran nasionalisme, lepasnya timor-timor, pilkada rusuh (tidak semua), aliran sesat, kembali ke multi partai , ham, demokrasi dll.

Tahun 1956 sokarno menuduh partai politik di Indonesia pada waktu itu sebagai biang keladi terpecah-belahnya bangsa, dan sempat mengajk rakyat untuk mengubur partai-partai tsb dalam sebuah pidato yang amat terkenal. Dengan mengubur partai politik soekarno menganggap bahwa bangsa Indonesia dapat kembali kepada rel revolusi yang sejati denga semangat persatuan. sama halnya era soeharto secara terstruktur dan sitematis menempatkan satu partai pemerintah dan dua partai pajangan.


Era keadilan dan kesejahteraan

era dimana kembalinya ke sistem hakiki.



Bima-bima

tulisan ini ngawur tetapi semoga menjadi sedikit bukti kecintaan penulis kepada sosok pemimpin besar revolusi bung karno.

Bandung 31 Desember 2008


1 comment:

  1. judul yg bagus.. posting yang keren...
    penuh makna dan berbobot...
    salute....

    angkat gelas deh..

    ReplyDelete