Pages

Thursday, January 22, 2009

Beberapa kisah CB mania

kisah from upieCB175/K5/ 1973/BDG

ikutan latah ah...hehehe. .

10 hal kenapa saya ENJOY dengan motor HONDA!!

1. Coba perhatikan, kalo di stopan lagi berenti banyak mata pengendara motor memandang ke arah kita. Apalagi klo CB nya kinclong (baru dicuci, semir ban, cat dipoles, mesin baru digosok batu ijo), dan pasti pengendara motor sebelah lirik-lirik ke mesin dulu, lalu gatel dia pasti nanya..biasanya dia nanya gini.....
a. Ini motor Honda?(jelas-jelas logonya di tangki bensin ada...hehe)
b. Ini tahun berapa mas?
c. Mau dijual gak mas?
d. Berapa CC mas?
hehehe....teteuuup ENJOY mas..!!

2. Biarpun motor lawas, harga jual bisa ngalahin motor matic atau motor bebek..(kalo orsinilan 100%)..hehehe. .harganya ENJOOYY!!

3. Gara-gara turun mesin, wawasan kita buat ngulik, hunting dan tau sparepart jadi lebih berasa seperti ngurus keponakan / anak kecil..alias rewel tapi sayang dan ngurus. Mau keluar duit berapapun dijabanin ampe ludes buat beli accecories.. ..duit ludes?ENJOOYYY! !!

4. Kalo jiwanya mantab ke motor Honda, pasti sedikitnya pengen cari tau sejarah motor HONDA, bisa cari di Internet ada wikipedia, google, cyclechaos.com, atu portal web Honda lainnya. Alesannya biar ntar klo ada yg nanya seputar Honda..sedikitnya wawasan sekitar motor Honda tau..., karena blom tentu semua anak motor jadul ato motor modern sekalipun tau filosofinya mengendarai motornya masing-masing. ... tuh kan..ENJOOYYY! !!!

5. Anehnya..bawaan motor CB pas lagi seliweran di jalan, gak pernah pengen ngebut gila-gilaan. Walaupun pengen rasanya nyalip Tiger 2000 atau suzuki satria..hehehe, tapi sy pikir mending dikondisikan dengan keaadaan motor aja, Ntar maksain ngebut..taunya mesin JELEGUR..hehehe. Mungkin CC motor saya lumayan gede, 175 cc...., tapi itukan di tahun kelahirannya 1973 mungkin dulunya merajalela.. hihihi, sekarang kan taun 2009 bos... ibarat kakek-kakek yang dulunya atletis suka olahraga dan berotot...sekarang masih bisa fitnes tapi kalo diajak lari ngos-ngosan asmanya kumat...ngik. .ngiikk.. ngiikk ...ngos-ngosan? ENJOOOYY brad...

6. Kalo mogok di jalan, bisa dimaklum pengendara ato pengemudi lainnya. paling mereka bilang " wah..ya iyalah mogok, motor tua.." . Padahal,...buat saya mogok itu jadi biasa, kalo dulu pas punya motor CB..bentar-bentar telepon montir..ato udah putus asa, dorong aja gitu. dan akhirnya...jadi tau penyakitnya biarpun gak tau mogoknya gara-gara apa, tapi...bisa diambil hikmahnya... melatih sabar dan konsekwen. ............ .....iya, sabar dan ENJOOOOYYY!! !

7. Akrab sesama komunitas motor Honda Jadul se Indonesia, muda,tua,montir, tekhnisi dll yang secara gak nyangka trend setter Honda CB semakin menggila, harga sparepart pun di komunitas semakin jadi-jadian, tapi buat saya wajar...barang lama tapi dibutuhkan. ..... we all brothers ..right?ENJOOOOYY! !

8. Memang... sebagian orang-orang menganggap semakin menggila trend setter motor Honda Jadul gara-gara Honda lawas di film Janji Joni & Tarix Jabrix yang salah satunya pake honda 90 di film tersebut. ...The Tarix Jabrig & Janji Joni?ENJOY lah...

9. Banyak yang nawar dan nanya harga jual..dari mulai pengendara iseng, Kolektor, Pak Haji bandar sayur di pasar, Bandar beras, anak menteri, sodaranya Gubernur, Eksekutif muda, Preman insyaf, Motoris klub motor Honda masa kini, ibu-ibu yang pengen beliin anaknya motor vintage karena anaknya manja ikutan tren motor jadul..hehehe. ....
Tapi sayang, saya terlanjur cinta dengan motor Honda CB ini dan belom kepepet butuh duit..alesannya dinilai dari historis nya dan perjuangannya. ....hehehehe. Gak akan dijual eeuuyy....masih ENJOOOOYYYY euuyy!!

10. Dari 10 jam kerja saya di kantor, 60% adalah searching "all about HONDABIKE". ..hihihi.
super ENJOY!!!

kisah from frino

Salam,
> Seneng juga nih baca pengalaman para CBers. Aku juga pengen sharing nih, boleh ya.
>
> Terus terang aku tak begitu menyukai dunia otomotif, bagiku itu hobby sangat mahal. Mau motor tua atau pun motor kekinian, sama saja, tetap mahal. Tapi untuk sekadar melihat-lihat keunikan motor tua, aku suka. Paling bahagia kalo bisa megang tu motor, bayangin bro, hanya sekadar bisa pegang!
>
> "Ya Tuhan...seandainya......" begitulah kira-kira ucapanku kalau sedang mengelus sepeda motor yang keren.
>
> Kalau sudah begitu, biasanya aku membayangkan bagaimana proses seseorang membangun sebuah motor tua. Harus rajin hunting cari onderdil, tanya sana sini, minta info di milis-milis, telpon mantan pacar yang bokapnya pecinta motor tua, bengkel dan sebagainya.
>
> Belum lagi kalau si sepeda motor tua itu lagi kumat. Hmmm....butuh energi besar untuk membuatnya jadi sembuh lagi; tidak mogok. Dan seterusnya. Selama bertahun-tahun kerjaanku hanyalah memandangi sepeda motor tua milik orang lain. Bertahun-tahun pula aku hanya bisa mengelus dan membayangkan memiliki sebuah motor tua.
>
> Dan kini, 13 tahun tinggal di Bandung, kemudian sering melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan umum kelas ekonomi, pilihanku jatuh pada sepeda motor CB.
>
> Mulai menyenangi motor CB ini akibat keunikan seorang kawan yang selalu bercerita tentang suka duka merawat motor CB. Terlebih-lebih kalau melihat kawan itu sedang kesal lantaran motor CB nya lagi rewel. Pecah ban, putus rantai, gak mau hidup, seperti cerita kawan sebelumnya, tiada cara lagi, mendorong motor CB adalah cara terbaik untuk mencapai rumah. Bisa jadi ini bentuk rasa ke-CB-an yang progresif dan radikal. Sungguh ideologis temenku yang satu itu.
>
> Terakhir kudengar ia sedang memperbaharui visual motornya. Dan ini bisa jadi pula sebuah usaha lain, untuk membantu keindahan dirinya sendiri. Bisa dibayangin, kaalau harus mempermak wajah sendiri, butuh 3 -5 kali operasi plastik untuk bisa mencapai wajah seperti Brad Pitt atau Johny Deep.
>
> Tak jauh berbeda denganku, kami bekerja mewartakan berbagai peristiwa. Dia, pada berita politik, aku pada seni budaya.
>
> Saking banyaknya dapat cerita, maka harus dibuktikan sendiri kedahsyatan motor CB buatan penjajah jepang ini. Maka setelah sebulan lebih ber-travelling di Bali-Lombok akhirnya aku singgah di Yogyakarta, negerinya para seniman.
>
> Sekitar seminggu lebih keliling-keliling kota Yogyakarta, kadang dibonceng seorang kawan tapi lebih seringnya jalan kaki dan naik bis kota.
>
> Akhirnya bro, 3 hari sebelum tahun baru Islam, kalo ga salah, aku mendapatkan motor CB. Bayangin, sebelumnya aku berjalan kaki berkeliling Godean, Gamping, trus kota Yogyakarta. Masuk gang ke luar gang.......Memang benar di Yogyakarta banyak para penunggang motor CB. Mereka juga sering kumpul di daerah Malioboro. Dan aku merasa, saat itu, sakit hati melihat motor-motor CB yang bagus-bagus itu ternyata tidak dijual! Sementara di otak ini, terus menerus teringat cerita-cerita kawan yang di Bandung.
>
> Begitulah. Akhirnya kudapatkan motor CB keluaran tahun 1974. Ada mesinnya pasti. Masa beli motor CB ga pake mesin. Lengkap dengan surat-suratnya. Bagaimana kondisi mesinnya?
>
> Sumpah mati aku ga ngerti soal mesin. Sama sekali buta. Aku mengenal istilah block, p platina, spul, dan bebearpa istilah lain, tapi gak tau yang mana bagian-bagian pada mesin itu. Jadi patokanku sederhana, sekali selah tu motor kudu nyala dan bunyinya enak di kuping.
>
> Selebihnya aku mempercayakan penuh pada si penjual.
>
> Motor CB 100 1974, yang kudapatkan masih menggunakan sistem pengapian platina. Kondisi dalam block cacat akibat rantai keteng tapi ditambal dengan lem mesin. Kata bengkel sih kuat. Okelah. Kudapatkan dengan harga cukup tinggi. Tapi semuanya itu tak berarti, yang pasti saat sampai di Bandung akan kutarik gasnya kuat-kuat.
>
> Tepat 1 Muharram pukul 12.00 aku keluar dari kantor sekretariat AJI Kota Yogyakarta di Widjilan. Berputar-putar dulu di kota Yogyakarta buat pemanasan. Prinsip perjalanan selalu sama, kalau badan enak, feeling oke, insya allah perjalanan akan sampai ke tujuan.
>
> Setelah semuanya dirasa nyaman, akhirnya kupacu motor CB ku menuju wilayah barat pulau Jawa, alias jawa Barat. Menggunakan rute selatan. Tanpa pengetahuan mesin, tanpa pengetahuan jalur, hanya bermodalkan ingin mencoba kedahsyatan motor CB.
>
> Setelah 11 jam perjalanan, ternyata aku tersesat di daerah pantai selatan Jawa Barat. Aku nginap di SPBU Pangandara. Lalu paginya menuju pantai Batu Karas. Hehehehehe........tersesat di tempat wisata kayak gini, tidak membuat susah. Tapi menyenangkan.
>
> Dan si motor CB, sama sekali tak mogok, tak rewel. Kucium motor ini...bukan main! Akhirnya tahun baruku kesampaian; memandang lautan bersama motor CB milik sendiri!
>
> Seminggu di Batu Karas, tujuan final tapi bukan akhir perjalanan, yakni Kota Bandung. Bensin kosong, lantas kuisi 20 ribu perak. Dan gila, aku nyampai di bandung kawan-kawan.....aku pengen terharu tapi malu. hihihihihi..........Berhenti di bibir perbatasan kota, duduk di atas motor CB, menyulut rokok kretek. Kesedot dalam-dalam asap racun itu, kuisap pula polusi udara kota, lantas mengingat perjalanan awal menggunakan motor CB.
>
> Dari kota Gudeg, Yogyakarta tersesat di Pantai Batu Karas dan tiba di Kota Bandung. Kini aku tak sendirian lagi, perjalananku sudah ada kawan sejati. Meski beberapa peralatan sebagai jurnalis selalu menemani, Motor CB inilah yang membuatku menjadi semangat lagi berkeliling dari kota ke kota lain di Indonesia.
>
> Saat sedotan terakhir rokok kretek, aku bertanya dalam hati,"Ini motor atau belahan jiwaku yang dulu hilang?" aku tertawa di atas motor, sumpah benar-benar tertawa....sekeras-kerasnya. Ini hijrah yang membuatku bangga sendiri. Sebuah pengalaman baru yang benar-benar tak terlupakan sepanjang hidupku.
>
> Tapi bro, aku dah jadi bikers belum ya?

kisah from dadagadu
ikutan sharing boss...
dulunya sih aku gak suka CB, secara kliatan buntek gitu
sampai suatu saat temen kantor nawarin CBnya yang ngendon di rumah aja karena udah pake Supra
nah aku nanya ke temen bengkel gimana nih sebaiknya aku ambil apa gak? dia balik nanya mau dilepas brape sma yang punya? 1 jeti. wah, kalo segitu sih murah, ambil aja...
akhirnya bareng dia ngecek kondisi si CB, n ternyata apa adanya boss: th 76, masih satu nama dari saat pertama dibeli dan dibawa dari surabaya.
coba dihidupin gak idup2, akhirnya ditarik deh. eh setelah dicek di rumah ternyata gak ada kondensornya, pantes aja gak bisa idup. nah karena mesin gak idup itu jadinya dapet diskon cepek
setelah makan waktu cukup lama, akhirnya jadi cantik juga CBku. udah dipake pulkam dua kali (kalo gak salah) n no problemo, paling2 perlu setel karbu.
to be continued...

kisah from agus kj
Hampir gak pernah punya knangan pait sama Cb mah.cuma hampir aja salah jalan,diajak mampir rusun lebk bulus.untung iman msh ada,hehe.jd gak terjadi sesuatu diluar kehendah sang istri.anjrit! ,bro kris.tar mah ajak makan aja ya.
Ada lagi banyak kenangan manis.biasa, telpm berdering," kang agus,lagi sibuk gak? Tolng dong step in cb saya.mogok nih"hehehe.
Kalo udah gitu,biasanya tuh diajak makan duren atw pecel lele.hehehe.
Motor pak eko mau distepin juga?gw jorokin tar ke got.hehehe.punten pak e.


kisah from dewangga
>> klo dengan cb100 saya seh slama ini gak pernah terjadi pristiwa nyusahiin banget paling kendala di platina aja....
>>
>> tapi klo dengan honda s90 saya banyak bgt memory nya...
>> jalan jam 1pagi di cengkareng pasar pisang menuju ke rumah kb.jeruk ban blakang meletus, bingung daah jam segitu nyari tambal ban dimana....
>> maen hajar aja daah itu ban bocor...
>> terus sampai depan kantor walikota jakarta barat puri giliran ban depan yang meletus...
>> masiih tetep deeh hajaar teruus soalnya jam di tangan sudah menunjukan jarum di angka 2pagi....
>> sampai pasar puri yg dekat panti rehabilitasi, itu rantai motor putuus.....
>> daleem hati " anjriiiit sial amaaat neh hari, abiis ngapaiiin gw yaah ??? " ah gila sialnya kok gak abis abis....!!!
>> ya udah d terpaksa dorong dari pasar puri sampai rumah di kb.jeruk
>> klo diitung itung di cengkareng jam 1 pagi sampai rumah jam 1/2 - 4...
>> fuiiiih bener" jalan yang melelahkan deeh....
>>
>> tapi bener seeh karena pengalaman itu gw jadi sayang banget sama motor s90 gw itu + cb100 gw tentunyaa

tulisan dikumpulkan oleh sijeketkoneng from mailist cb-indonesia

7 comments:

  1. aq jg cinta bgt ma mtor cb. . .
    pa lg sma yg punya. . .

    ReplyDelete
  2. mas, ada yg jual Cb yang orisinil ga?
    kalo ada tolong kasi tau saya yah di kesengsaraan@yahoo.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. one comment.honda Cb,No Limits.....!!!!

    ReplyDelete
  4. untuk cb orisinilnya klo ada yng mo jual nanti sy pamerin disini.

    ReplyDelete
  5. CB adlh belahan jiwa q!!!
    andai q punya pacar,,
    pasti dia jadi yang ke dua.... (^_^)
    slam bwt CB brothers sluruh indon!!!!!!
    hidup CB

    ReplyDelete
  6. gw jg punya kissah ne ame yang namanya motor tua
    gw dapetin 2 motor ne ya alhamdulilh dri krej kras slepas skolh dlu se
    motor yang pertama honda 70 to waduh bner2 dah dari gw g punya cewek ampek punya trus putus motor butut tuh yang setia nemenin gw dlu pernh wkt ngnterin cewek gw pulang dr tempat magang bwt ngnter pulang eh motor tb2 rante putus ya gt deh biar kgak mati gaya gw pke alat se adenye gw turun tangn dah bnerin tu rante sampe bsa di pake jalan lgi cm bermodal kunci inggriss kecil batu ama paku nemu d pinggir jalan gw getok in dah eh akhirnya jadi ya ampun alhamdulilah bngt g anter dah ampe pulng smpe d rmh clon mertua blepotan smua jd g enak sama bonyok nye y gw numpang cuci tangn dah maw gmn lg trus di ajak in ngobrol dah sama si bapak

    gw jg ad satu lagi neh seputar cb
    gw ppaling sayang ne sama si item(cb)
    gw ajak k mana2 kgk pernh rewel tapi suatu hari salah injek stut kamrat ancur dah spda gw ber-bulan2 pensiun aku taruh bengkel janjinye si cm seminggu jd tp molor dari bengkelnye eh gw samperin sebulan kemudian ktnya montir dh g kerj situ gw kira ilang tu si item guwe ust punya usut ktemu deh si item gw selek aja biar di kerjain cepet eh mlh di olor2 saking dah di pecah tu mesin klo belum psti gw boyong in dah mang pinter tu montir akhirnya stelh beberapa bulan kok g slesai gw tungguin dah seharian di rumhnya eh mlah kerjain cb yang baru dateng lama2 gw sebel esok hrnya gw tunggu in lg dah mungkin sungkan kali ye akhirnye 2 hari slesai dah gw bw aj gw slesaiin administrasi
    setelh di rumh gw perhatiin banyak yang ilang brng nye si item ampun dah maklum tu brang orisinil yang ilang mulai dr situ dah kpok bw k bengkel akhirnye klo rusak gw bongkar aje sndiri dari situ eh malah ada hikmah yang bisa di ambil gw jd tw isi dari spd gw
    ya wt pra kawn cb er jangan pernh bnerin cb ke bengkel yang kurang bs d percaya yasang cb ntr mlh g jdi mlh bobrok tuh bw pulng hhheheheheh
    tapi satu yang gw percaya spd cb tu spda yang enk bwt cri temen

    ReplyDelete
  7. sedikit crita berasal cm iseng ngobrol ampek crita punya motor CB ma dijual berhubung uang cupet ya tak utang lah nanti lunas kalo remond cair mas ndan, akhirnya setuju dan sudah aq lunasi tp motor tuh lum kepake karena masih banyak budget yg diperlukan buat beli sparepart hehehe untung aq punya spare part motor dulu yg bs aq jualin kecil2an akhirnya bs deh buat nutup biaya mesin, rencana mau tak belikan tangki biar tambah cakep, cos tangki kemarin dah ancur kena las ama yang punya dulu, hadeeh, dan mau belajar ngecat sendiri tuh motor biar tambah puas, ngerasakan FROM ZERO TO BE ZORO naik kuda hitam..... salam cb selalu dihati....from boyolali

    ReplyDelete