Pages

Thursday, June 4, 2009

[thp38_ipb] Ngomongin jurusan

Wah hebat banget sudah kaya ibu prita.. tapi ini judulnya aman ko.. hehe.

Saya saranin email ini di posting ke THP-IPB@yahoogroups.com juga karena disini lebih luas mungkin sarannya bisa didengarkan, saya dukung he he. Tapi ga ikutan dipenjara. Kalo diingat ingat saya juga ternyata pernah mengalami yg mirip ibu prita untung dulu belum ada UU ITE (produk erzim skr) gara-gara kritik perusahaan perikanan di milist alumni ipb, eh perusahaanya langsung nelepon.

Kembali ke tulisan titis, jangan salah juga jurusan kita juga kan ada yg dah jadi dosen angktn 37 itu lho..
Tapi kayanya dijurusan kita kalau mau jadi dosen harus mau jadi kuncen dulu banyak semedi di leb dan ga tau berapa lama jadi dosennya (intinya setuju ga adanya kaderisasi di THP). Yang ada sertifikat asdos.
Mengenai lulusan terbaik diambil sama univ/perush lain mungkin maksud titis ke ashan dan saya. Ha ha ha langsung aja tis. Tapi gpp tis, dari awal saya pribadi ko merasa tersesat di perikanan terus sekarang juga ketika bekerja tapi kan ternyata jatuh cinta juga (sama perikanan n kelautan) biar u/ urusan kerja masih lihat lihat yg bahenol.
Untuk bagian terakhir mengenai nanti kedepannya jur hilang dll. Saya pernah punya cerita yang waktu cpns depkeu, ijasah perikanan ga laku (mesti ada pernyataan dekan). Kan aneh. Dari sini ko saya sepaham sama ide pa rector bp matjik, proses merger begitu biar engga tumpang tindih. Bahasa langsungnya gini : saya jd mempertanyakan mempertahankan jur thp itu mudah mudahan bukan karena ego jurusan (dosen yang kehilangan meja) tetapi demi perikanan. Sudah mulai bisa di tangkep nih iboy he he.

Sudah dulu ah, nanti beneran ditangkep deh kalau sy lanjutin.

From: ties pra

sekedar sharing..
mm..momentnya tepat gak yah, secara skrg lagi fokus ke tea walk??
btw, kmrn malem tis' baru ajah ketemu en ngobrol ma ank itk 39. si itekers ini critanya pengen banget ngabdi di almamater. dan pluang itu terbuka bgt. bahkan didukung ma dosen2 itk. coba ajah liat di itk, byk dosen2 muda yg duluny itkers juga, misal: mba nani itk34 en begin itk35. kabarnya lagi klo di itekers tuh, para dosen dah mule mengkader calon penerusny mule dari tu mhs kul (carany dimasukin ke lab2), riset skripsi, ampe lulus en didukung u/ skolah lagi..yg ujung2ny diharap balik lagi ke itk. sistem ini dah bjalan..bahkan kabrny lagi dah pada ngantri loh...kader2 dosen itk.
dept yg hampir mirip adalah msp. katanya saat ini, sampe angktn 41 dah ngantri u/ dikader dan sdg dikader..bahkan ada msp41 yg serong ke itk, sangking penuhny list kaderisasi.
hasilny, kita akui bersama, klo dept yg mnonjol di fpik ya itk, msp, en bdp (kayaknya). itk-msp diisi o/ dosen2 yg qualified. bbrp kali ketemu dosen itk, mrk kliatan bgt bbobotnya.. dan yg pasti..mereka (mayoritas) adalah dosen2 muda..yg sangat up 2 date dgn perkembangan jaman. terbuka u/ sharing, plus sllu bgairah u/ ssuatu yg baru.. (ini pdapat subjektif tis' loh..)

skrg kita buka pintu dept kita.. apa yg bisa kita temukan dirumah qta tsayang??? pengkaderan...nol besar..dosen2 yg 'senior; kykny gak tllu pduli dgn hal itu. bahkan (yg tis' tangkep) mrka agak alergi sama darah muda. tis' pernah ikut seminar di fpik, presentasi riset. gila bokk....gwe dah kyk sidang skripsi.. mrka nanya2ny tegak bener...mungkin krn tis msh 'kecil' kali yee... tpi di institusi lain,gak kyk gitu deh ...well, ada juga sih dosen yg apreciate, tapi cuma satu-dua...
pdhal potensi kita besar bgt. misal ashan,uci en biotekers,fani en friends, tmn2 yg riset pengolahan, tmn2 di angkatan lain, deelel.. (sori gak disebut smua, en yg dsebut juga sori ya...). sayang ajah klo mnurut gwe, potensi2 besar itu tlepas en justru tersaring di t4 lain.(yah walo klo dliat dari sisi pemerataan pendidikan; patut diacungi jempol si mereka itu...).
terus balik lagi, liat kondisi dept kita sekarang??? stagnan. klo nggak boleh dibilang menurun. dosen yg terkenal krn kepakaranny..cuma satu-dua. you know guys, ahli pengolahan yg kepakaranny diakui di lab gwe kebanyakan org2 ugm. pdhl akar pertanian en perikanan kan ipebe??!!sedih gak sih..
satu-dua org dosen berjaya, yg lainnya...babay...
minat mhs yg masuk ajah mkn sdikit. gmn yak klanjutan dept kita ke depan?? jgn2, 5-10 thn lgi klo legalisir ijasah kita musti ke rektorat. karena deptny dah digusur.hikxhikxhikx...

btw, sekali lagi..ini pendapat pribadi. jgn sampe gwe kena pasal ITE, pencemaran nama baik yg ujung2ny prodeo kyk Bu Prita...
jgn sampe deh...

so, what do you think, guys???

No comments:

Post a Comment