Pages

Wednesday, July 22, 2009

[Honda CB Indonesia] Oli Motor

Berikut obrolan dimilist CCC mengenai pilihan oli yang tepat buat motor CB kesayangan.

Sekedar bantu tambahin nih bro.
bener apa kata bro cris yang penting bukan mereknya tapi typenya.
untuk motor single memang rata2 pake type SAE 20 - 50 W tergantung lagi dari jenis motornya.
biasanya ditempat tutup oli ataw mesinnya ada tulisannya.
untuk motor twin rata2 pake oli SAE 10-40W, karena lobang oli twin sama besarnya dengan yang single tapi daya kerjanya dua kali lipat pakanya pake yang lebih encer supaya enak, klu gak percaya liat aja ditutup olinya ataw mesinnya (kondisi tutup oli masih ori ya)..

selain itu faktor kondisi daerah juga pengaruh bro, karena di negar akita udah panas biasanya yang sering dipake 20-50, nah klu ditempat dingin macam eropa sana memang yang di[pakai rata2 10-40 supaya cepet encer klu dipanasin..

tapi semua balik lagi ke pemakai...
semoga bermanfaat

Armand-Jeen
The Blue Angel S90Z '1973

setahu saya ya bro, kalo 20w50 (contohnya) itu artinya pada suhu dingin (lembang :D) oli itu bersifat sama dengan oli SAE20. tapi kalo suhu panas/beban kerja berat, dia bersifat sama dengan oli SAE50. apa sih istilahnya? Multigrade ya?

Oli lebih encer lebih irit bbm? mungkin bener, tapi liat dulu kasusnya. oli encer emang bikin mesin lebih ringan berputar. tapi untuk kendaraan diatas 5 taun, mending pake di atas SAE15. kenapa? karena kendaraan diatas yg dipake normal, jarak antar komponen di dalem mesin pastinya lebih renggang.. nah, kalo pake oli yg lebih encer, ngga bisa maksimal melindungi komponen2 tadi. Kalo mo aman sih liat aja di manual booknya.

O ya, jangan lupain juga antara mineral semi-synthetic, sama full synthetic. sekilas aja, kalo yang full synthetic lebih cepat nguap, dan lebih cocok untuk kendaraan baru. utk yg lainnya ntar dulu ya....

Jangan tertipu merk dan mahal tapi lebih ke cocoknya buat mesin kalo perutnya biasa makan nasi uduk jangan dipaksain makan izzi pizza ntar mencret even lebih mahal.

Salam,


Chris AKA badagwae

No comments:

Post a Comment