Pages

Tuesday, July 7, 2009

Welcome to the jungle

Foto suasana di banking hall

"selamat pagi, siang, sore bu/pa.. silahkan".
Begitu salam pembuka pak satpam pintu depan. Salam ramah dan itu kewajiban.
Suasana itu harus dijaga setidaknya sampai jam kantor berakhir, pukul lima
sore. Kuncinya ikhlas, karena tidak berharap juga ada misteriges datang
menyamar sehingga nantinya dapat mempengaruhi penilaian terhadap performance
apabila sambutan kurang ramah.
Berbeda kalo suasana di counter teller, sapaan ramahnya biasanya begini
"selamat pagi, siang, sore bu silahkan" biasanya nasabah kemudian memberikan
slip setoran. Kemudian disapa begini "bu rina setor 100 jt ya, untuk xxx
bank xxx" menyapa nama dengan cara melihat slip setoran, sambil menyebutkan
nominal supaya memperkecil kesalahan, disinilah KYC (Know Your Customer)
diterapkan. Setelah itu disapa lagibeg ini "ibu rina sudah setor sekian,
ada yang bisa dibantu lagi?". Nama Ibu rina ini contoh saja.
Suasana berbeda diruang belakang, dering suara telepon, printer manual yang
bising dll, suasana ini kadang sampai jam 8 malam.

Bersambung...

No comments:

Post a Comment