Pages

Saturday, February 21, 2009

Tiga Jurus Motor Aman Menerjang Banjir

Memasuki musim penghujan banyak jalan dengan drainase jelek sehingga harus dihadapkan pada kondisi tergenang atau bahkan kebanjiran. Kendaraan khususnya roda dua mungkin bisa mogok apabila terpaksa harus melewati kondisi jalan seperti ini, karena knalpot atau busi nya kemasukan air. Tentu saja kita tidak menginginkan hal ini terjadi kepada motor kesayangan kita. Berikut sedikitnya 3 jurus mengendarai motor kesayangan apabila dihadapkan pada kondisi tersebut.

1. Masuk ke dalam genangan dengan kecepatan rendah.
• Untuk motor sport (atau yang memiliki kopling), tahan kopling 1/2 dan jalankan pada RPM diatas 2000 rpm agar air tidak tersedot kedalam knalpot. Sebaiknya pergunakan gigi 2 sambil kaki sedikit menekan rem belakang agar tidak slip, ini juga untuk menghindari rem tidak blong sekeluarnya dari air.
• Untuk motor bebek, jalankan motor perlahan sambil menekan rem belakang sedikit agar motor tidak melonjak.
• Untuk matic, tipsnya sama dengan bebek.

2. Masuk kegenangan air dalam kecepatan sedang/tinggi
Kadang pada kondisi malam atau hujan di jalanan menjadi gelap sehingga genangan air tidak jelas terlihat, kemudian saat terlihat jarak sudah terlalu dekat. Untuk menghadapi keadaan ini tindakan sebaiknya.
• Jangan melakukan pengereman mendadak, karena kemungkinan disekitar genangan aspalnya licin atau berpasir.
• Lepas gas dan turunkan gigi satu step. Hal ini akan membantu menurunkan kecepatan kendaraan anda.
• Tahan bantingan setang yang biasanya akan terjadi saat motor tiba-tiba masuk kegenangan.
• Tahan kopling 1/2 dan buka gas skitar 2000 RPM sambil mengurangi kecepatan dengan cara "memainkan" kopling.
• Motor anda jangan digeber2, karena hal ini justru akan membuat air tersedot kedalam knalpot. Tetapi tahan gas dengan kondisi konstan.

3. Setelah keluar genangan air
Jalankan motor di gigi rendah sambil menahan kopling 1/2 dan buka gas konstan diatas 2000RPM sampai gejala brebet hilang. Pada motor bebek, biasanya susah tertolong karena busi langsung basah, yang penting jangan melakukan pengereman mendadak. Biarkan motor berhenti karena engine break.
Biasanya gejala yang terjadi saat motor masuk genangan agak dalam secara tiba2, ban depan terasa "melayang" dan setang seperti digoncang2 kanan kiri. Jangan panik mikir yang lain, konsentrasikan agar handling tetap stabil. [milist HCCC ]


Bima Bima
Sumedang, 22 Februari 2009

No comments:

Post a Comment