Pages

Tuesday, May 19, 2009

Seputaran Monumen dan Gasibu

Seputaran Monumen dan Gasibu

Hampir rata-rata yang pernah ke kota Bandung pasti mengenal monument hingga gasibu, tempat ini cukup terkenal karena letaknya persis didepan gedung pemerintahan provinsi Jawa Barat yaitu Gedung Sate. Monument selain dekat dengan Gedung Sate juga dekat dengan Kampus terkenal, Univ Padjajaran.

Saya kurang begitu faham fungsi sebenernya Gasibu atau seputaran Monumen, tetapi yang jelas banyak sekali. Lahan terbuka kota ini misalnya pada hari Sabtu pagi hingga sore banyak digunakan sebagai tempat berolahraga baik lari-lari, main bola atau futsal yang sedang trent dsb. Sedangkan kalau hari libur Minggu seputaran monument dan Gasibu disulap menjadi pasar dadakan, surga buat ibu-ibu shoping karena selain banyak barang yang dijual tentunya juga harganya murah-murah. Walaupun sebenarnya tak hanya ibu-ibu. Karena barang yang dijual cukup beragam, mulai dari pakaian dalam, tempat tidur, cucutik, dll pokoknya barang-barang keperluan rumah tangga. Buku –buku bekas, sepatu, kaos juga dijajakan, begitu juga makanan atau minuman-minuman (juice) hingga penjual sayuran hingga ikan asin, pokoknya lengkap sebuah pasar. Namun setelah saya perhatikan satu yang tidak ada yaitu lapak antic yang menjual part motor-motor lawas.

Kalau malam seputaran gasibu, biasanya malam minggu hampir selalu dijadikan tempat panggung hiburan. Mulai dari panggung para rocker nasional hingga music dangdut nasional. Pokoknya kesempurnaan hiburan gratis buat para penontonnya. Dan jangan salah atau terlewatkan seputaran monument dan gasibu juga merupakan tempat bertemunya muda-mudi atau tua-tui.

Berbeda kalau waktu menjelang sore, hampir setiap hari asalkan cuaca cerah jalan di seputaran monument juga digunakan buat drag-drag an (balap) bagi para penunggang motor. Terkecuali apabila ada operasi petugas polisi, biasanya peserta bubar berhamburan. Selain para riders seputaran monument juga tempat yang asik buat penggemar olah raga extreme skate board atau BMX, karena tembok-tembok taman dan monument dapat dijadikan rintangan tersendiri. Oh iya dalam waktu tertentu seputaran gasibu juga biasanya menjadi tempat nonton bareng pertandingan sepak bola, biasanya kalau tim Persib yang main gasibu bisa disulap penuh sama bobotoh..***ISN

Inilah sedikit seputaran monument dan gasibu yang saya tau dari sekilas pandangan mata.

Bandung, 19 Mei 2009

1 comment: