yah tpi itu semua tergantung pribadi masing2...,
masih masing ada kelebihan dan kekurangan nya
**platina (menurut orang suka berubah2 pengapian nya nga stabil) salah justru pengapian pada platina stabil dan konstan , karena dia aliran listriknya dri aki bukan dri spull .yg menyebabkan berubah dudukan platina
1. baud dudukan piringan platina sudah longar
2.noken as sudah goyang
kalau keduanya itu normal..selama 1 th bahkan lebih nga perlu nyetel2 platina lgi..
***CDI ,bagi orang awam mungkin ini jalan pintas terbaik karena nga usah repot nyetel2 platina.nga memerlukan aki untuk bisa ngidupin motor.tpi jangan salah..kalau mau ganti CDI usahakan jangan tangung2 karena berakibat fatal .misalkan CDI harus asli, gulungan spull harus kawat berkwalitas bagus dan ada ukuran nya...
bila asal saja, makan motor mati di tengah perjalanan, yg jebol bukan hanya CDI nya tapi lebih gawat lgi spull nya
** kelebihan platina walupun akinya udah soak di dorong tetep bisa idup..
*** CDI kalau udah jebol harus ganti Cdi nya,tapi kalau udah jebol gulungan spull nya wassalam ...kalau nga tlp temen minta di step..yah di angkut deh pke pick up....
mungkin itu perbedaan anatar CDI dan Platina
mungkin ada yg akan melengkapinya
maaf kalaua da yg salah penulisa
nb: Tetep pada kodratnya...enak ey platian bisa di stel
kalau pengen pergi jauh..
Dari Ai Doang
sekedar kasi tambahan,..
bener bgt tuh,gw jg pernah jebol CDI sm spul,alhasil harus tlp tmen buat di stut sampe rmh hehehehehehe...gw sih ga percaya sama gulungan spul,krn pasti berbeda sm gulungan pabrik,tmen gw aja udh berapa kali ngegulung tapi jebol truz,pas udh ganti spul yang orisinil sampe skrng ga pernah jebol,sebaiknya tetep pake platina aja bro,lebih enak,asalkan platinanya ori,truz smuanya sesuai standardnya,gw jamin ga bakal mogok,lagian klo gw liat yg pada touring ke luar daerah,kebanyakan yang pada jebol yang pake CDI dari pada yang pake platina,asalkan smuanya bener,ga di oprek oprek,gw jg pengen bgt ganti platina,tapi krn kadung mesin gw udh di oprek oprek,ya terpaksa dinikmati aja apa adanya,yang penting ga rewel motornya hehehehehehe..
Dari Wisna Ariawan
Wah betul tu friend,
Saya punya GL125 tahun 79, diganti pakai CDI. udah 3 kali ganti gulungan spul. Mungkin spesipikasi gulungan yang kurang bagus. Terus ama bengkel bilang, emang itu resiko kalau gulungan buatan dari platina ke CDI.
Bandung, Mei 2009
**Tulisan ini dikumpulkan dari milist CCC
boleh gabung kang? Ak juga penggemar CB. hehehe tapi sayang punya ku dah gak orisinil abis :(.
ReplyDeleteiya silahkan, mangga. saya juga seneng bertemu sesama penggemar cb meski masih lewat dunia maya. semoga kita bisa berdiskusi.
ReplyDeletemungkin ada yang harus ditambahkan broo...., biar pengapian stabil (khusus pecinta Platina) koil sama kondensor pake punya mobil aja. Misal Koil pake merek Bosch 12 volt kondensor pake yang 0,27 mikro... dijamin tenaga lebih besar (pengapian AC)
ReplyDeleteboleh gabung gk pecinta cb :D . jadi gini ceritanya , dulu saya punya motor c70 orisinil masih pake platina 6v , enak bgt mesinnya gk rewel , tp udah di jual skrg ganti motor cb , tp keadaan sudah cdi dan gk enak bgt tenaganya , kata orang harus pake pulser ganti spull lah , saya pengen di ganti ke platina lg kira" apa aja yg di perlukan ? owh ya apakah aki harus 6v ?
ReplyDeleteakang silahkan biar lebih banyak masukan gabung di
ReplyDeletehttp://groups.yahoo.com/group/Honda-CB-Indonesia/
Bima Bima
mo ikut nmbrung,ak stju bgt,udah hmpir 10thun ak pke cb n msih platina,aslny sih CDI,spul jebol,untng pas plang skul,bsokny tak bngkar,tyuz ngadu ma babe sruh ngrubah platina aj....ak stj ma sdra yg di atas,klo mo gnti CDI ga' usah tnggung2,yg asli skalian,klo gk tggl nggu jbolny spul,tp smua tsrah deng,tiap org slrany bda,tgntung qta mo ny ap.
ReplyDeletesory klo ad slah kta....
kalo cb nyomot kruk As milik grand ato honda win bisa ga? apa perlu setingan lagi pa tinggal plek
ReplyDeletesalam kenal. om bisa memberikan tutorial cara stel platina yang bener gak om. ni ane pake gl 100. terima kasih sudi kiranya om atau temen semua yang ngasih tutorialnya.ipunk.nasa@gmail.com
ReplyDeletenunut gabung om, koil yg bagus buat cb yang menggunakan platina apa ya? klo pkai aki 12 volt gmna? pngn ikut ikut pkai cb.. hehehe
ReplyDeleteMas bro mau nanya nih kenapa ya motor cb saya kurang bertenaga pengapian masih plarina tolong ksh tau cara buat nyetel nya
ReplyDeleteBroo boleh gabung gk...saya mau sering Saya lagi perbaiki cb platina dam saya kewalahan motornya susah idup...kira2apa yg hrs saya lakukan broo...
ReplyDeletesaya juga penggemar CB Om ,,, saya boleh gabung nggk
ReplyDeleteOm. Numpang nanya dong saya punya kendala nyari aki nih buat platina.
ReplyDeleteDimana yah yg ready akinya kira2?
Numpang tanya dong,gimana caranya merubah pengapian platina tanpa accu
ReplyDeleteAh gua pya motor cb 100 uda 4x gnti bngkel uda ganti cdi uda 2x, pulser 3x,koil 2x,gulung spull uda 3x, noken as 2x pelatuk 2x,pen pelatuk2x, bubut noken as dn pelatuk 1x,kabel body setiap gnti bngkel diganti lgi, karburator gnti 1x dn yg trakhir ni gua bli kabel body grand ? Smua gua ikutin kemauan bngkel Tapi utuh mtor msi bgitu aja hidup brebet mlulu Gua mau jual sayang tuh mtor gua boleh dikasih ama buyut orng ya mninggal ? Mana wktu msi hidup pesannya mtor jngn dijual tar kualat kebngkel uda kseringn
ReplyDeleteUntung deket rumah saya ada bengkel yg pintr setel platina
ReplyDeleteSalm pecinta motor tua,cerita a begini saya br beli cb 100,pertama saya seteel platina hidup, karna kurang besar perapian a saya setel lg malh gk muncul api a lg, cemana penyeteln yg benar biar bs muncul lg api nya ya mohon kasi te dong pak mek
ReplyDeletePermisi bisa gbg g bg,aku pnya cb 100 tp waktu aku pakai tiba2 dia mati ku egkol berulang kali gmau idup kira2 apa masalah y
ReplyDelete